Aturan Mendirikan Apartemen

 

Makin menjamurnya bangunan apartemen atau rumah susun merupakan salah satu indikator positif bagi tingkat kesejahteraan masyarakat. Akan tetapi setiap mendirikan suatu bangunan rumah susun atau apartemen, pengembang harus melaksanakan aturan-aturan yang telah ditentukan. Berikut aturan yang wajib ditaati oleh pengembang apartemen.

Secara khusus pemerintah telah membuat aturan dalam Peraturan Pemerintah Nomor 4 Tahun 1988, tentang Rumah Susun atau Apartemen. Dalam peraturan ini apartemen tersebut wajib memiliki akta pemisahan atau yang dimaksud juga sebagi tanda bukti pemisahan rumah susun atas satuan-satuan rumah susun, bagian bersama, benda bersama dan tanah bersama dalam bentuk gambar, uraian dan batas-batasnya dalam arah vertikal dan horizontal yang juga mengandung nilai perbandingan proporsional.

Selain itu diwajibkan pula memenuhi persyaratan teknis mengenai struktur bangunan, keamanan, keselamatan, kesehatan, kenyamanan, dan lain-lain yang berhubungan dengan rancang bangun. Termasuk pula kelengkapan prasarana dan fasilitas lingkungan, yang diatur dengan peraturan perundang-undangan serta disesuaikan dengan kebutuhan penghuninya.

Beberapa hal yang harus diperhatikan pengembang dalam mendirikan apartemen terdapat dalam Pasal 12 peraturan ini, antara lain struktur, komponen, dan penggunaan bahan bangunan. Juga harus diperhitungkan kekuatan dan ketahanannya terhadap beban mati, beban bergerak, gempa, hujan, angin, banjir, kebakaran dalam jangka waktu yang cukup untuk usaha penyelamatan. Serta yang tak kalah pentingnya harus diperhitungkan daya dukung tanah, kemungkinan adanya beban tambahan baik dari arah vertikal maupun horizontal dan gangguan lainnya.

Selain itu dilengkapi dengan fasilitas keamanan, rumah susun juga harus dilengkapi:

  1. Jaringan air bersih yang memenuhi persyaratan mengenai persiapan dan perlengkapannya termasuk meter air, pengatur tekanan air, dan tangki air dalam bangunan.
  2. Jaringan listrik yang memenuhi persyaratan mengenai kabel dan perlengkapannya, termasuk meter listrik dan pembatas arus, sertapengamanan terhadap kemungkinan timbulnya hal-hal yang membahayakan.
  3. Jaringan gas yang memenuhi persyaratan beserta perlengkapannya termasuk meter gas, pengatur arus, serta pengamanan terhadap kemungkinan timbulnya hal-hal yang membahayakan.
  4. Saluran pembuangan air hujan yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas, dan pemasangan.
  5. Saluran pembuangan air limbah yang memenuhi persyaratan kualitas, kuantitas, pemasangan.
  6. Saluran dan/atau tempat pembuangan sampah yang memenuhi persyaratan terhadap kebersihan, kesehatan, dan kemudahan.
  7. Tempat untuk kemungkinan pemasangan jaringan telepon dan alat komunikasi lainnya.
  8. Alat transportasi yang berupa tangga, lift atau eskalator sesuai dengan tingkat keperluan dan persyaratan yang berlaku.
  9. Pintu dan tangga darurat kebakaran, tempat jemuran.
  10. Alat pemadam kebakaran, penangkal petir, sistem alarm.
  11. Pintu kedap asap pada jarak-jarak tertentu.
  12. Generator listrik disediakan untuk rumah susun yang menggunakan lift.

Dengan dilengkapinya berbagai fasilitas tersebut sesuai aturan maka dapat diminimalkan pula risiko dari bahaya yang akan terjadi, sehingga penghuni yang menetap di rumah susun tersebut dapat tinggal dengan aman dan nyaman dalam waktu yang lama. Selain itu juga mengatasi masalah pemerintah akan semakin susutnya lahan karena semakin bertambahnya penduduk.

 

Sumber: http://www.gresnews.com/berita/tips/1712710-aturan-mendirikan-apartemen/#sthash.4mkuoPrl.dpuf

 
error: